ANIMASI
FLASH
Animasi
Animasi adalah gambar
begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di
atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses
pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator
harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari
keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang
dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan
animasi yang menarik untuk disaksikan.
Apabila kita perhatikan
penjelasan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat dua hal penting
yang harus diperhatikan dalam pembuatan animasi, yaitu Objek/ gambar dan alur
gerak.
Atau juga Animasi
merupakan suatu teknik menampilkan gambar berurut sedemikian rupa sehingga
penonton merasakan adanya ilusi gerakan (motion) pada gambar yang ditampilkan.
Secara umum ilusi gerakan merupakan perubahan yang dideteksi secara visual oleh
mata penonton sehingga tidak harus perubahan yang terjadi merupakan perubahan
posisi sebagai makna dari istilah ‘gerakan’. Perubahan seperti perubahan warna
pun dapat dikatakan sebuah animasi.
Dalam bidang grafika
pemodelan visual dapat dikategorikan sebagai dua kelompok yaitu pemodelan
geometrik dan pemodelan penampilan (appearance). Pemodelan geometrik merupakan
representasi dari bentuk objek yang ingin ditampilkan sedangkan pemodelan
penampilan membuat representasi sifat visual atau penampakan objek tersebut.
Contoh sifat visual diantaranya warna dan tekstur. Berdasarkan definisi animasi
di atas bahwa sebuah animasi disusun oleh himpunan gambar yang ditampilkan
secara berurut maka animasi dapat dikatakan sebuah fungsi terhadap waktu.
Gambar dapat didefinisikan sebagai koleksi deskripsi geometris dan visual
ataupun dapat berupa citra. Pada gambar yang merupakan koleksi deskripsi, maka
animasi didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada perubahan
parameter-parameter dari deskripsi. Pada gambar yang merupakan citra, animasi
didefinisikan sebagai fungsi yang memetakan waktu kepada tiap elemen citra.
Animasi Flash
Ada 2 cara untuk
membuat animasi di dalam Flah, animasi frame by frame dan animasi tweening.
Pada animasi frame-by-frame, Anda akan membuat gambar pada setiap frame. Pada
animasi tweening, Anda hanya membuat frame awal dan frame akhir, sedang Flash
akan membuat frame diantaranya (in between). Animasi tween merupakan cara yang
baik untuk membuat gerakan dan perubahan dalam movie dengan file yang relatif
kecil.
Animasi Frame by Frame
Animasi Frame by Frame
adalah membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar/objek yang diam
(still image) frame demi frame-nya.
Pada materi ini Anda
akan mempelajari bagaimana cara membuat objek bergerak melintas pada Stage,
merubah ukuran, memutar, mengganti warna dan mengubah bentuk. Ada beberapa
istilah dalam pembuatan animasi, diantaranya adalah :
1. Frame dapat
diumpamakan seperti film, yaitu film merupakan kumpulan gambar yang dimainkan
secara berurutan dengan kecepatan tertentu, sehingga gambar tersebut terlihat
bergerak .
2. Keyframe adalah
frame dimana Anda menentukan perubahan pada tombol atau animasi. Pada animasi
tween, Anda membuat keyframe hanya pada titik yang penting di dalam Timeline.
Keyframe ditandai oleh titik di dalam frame. Keyframe yang tidak berisi gambar
di dalam layer ditandai oleh titik kosong.
3. BlankKeyframe artinya
kita mempersiapkan frame kosong untuk diisi objek baru, dan apabila kita
menggambar objek, blank keyframe tersebut sudah berisi objek. Blank keyframe
dilambangkan dengan titik bulat putih pada frame.
Macam-macan Animasi
adalah:
1. Motion Path
Anda dapat menggunakan
motion path untuk membuat symbol bergerak mengikuti bentuk lintasan yang sulit.
Dengan menggunakan layer Motion Guide untuk membuat garis untuk lintasan gerak
objek. Layer Guide ditandai oleh ikon guide disebelah nama layer.
2. Animasi Margue
Animasi margue banyak
dilihat pada situs web, yaitu suatu teks yang muncul dari bagian kanan layar,
lalu begerak menuju ke kiri layar dan menghilang, begitu seterusnya.
3. Animasi Transparan
Animasi transparan
adalah animasi yang terlihat secara transparan perlahan-lahan lalu menghilang.
Animasi ini sering digunakan dalam melakukan pergantian animasi dari satu
animasi ke animasi lainnya, sehingga perpindahan animasi akan terlihat halus.
4. Animasi Fade
Animasi fade adalah
animasi pemudaran. fade dibagi menjadi 2, yaitu fade in (pemudaran ke dalam)
dan fade out (pemudaran keluar).
5. Animasi Rotasi
Animasi rotasi adalah
animasi objek atau teks yang berputar, seperti jam, kincir angin, putaran roda,
dan lain-lain. Kita bisa memutarnya searah jarum jam (CW : Clock Wise)
atau berlawanan dengan arah jarum jam (CCW : Counter Clock Wise).
6. Animasi Blink
Blink adalah animasi
berkedip atau berkelip, seperti bintang di langit atau lampu disco, animasi
blink biasanya sangat efektif untuk menarik perhatian, sehingga banyak
digunakan untuk membuat banner.
7. Animasi Shape
Animasi ini adalah
perubahan bentuk dari suatu objek menjadi objek lain atau dari suatu objek
menjadi teks dan sebaliknya. Animasi ini juga sering disebut efek Morph.
8. Animasi Masking
Masking adalah animasi
yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek
yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar