TUGAS MAKALAH
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012
Nama : Fajar Yudhi Purnomo
Kelas : 1KB04
NPM : 22112733
Kelas : 1KB04
NPM : 22112733
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi
Allah SWT , Robbil alamin, puji dan syukur bagi-Nya yang telah melengkapi dan
mencukupkan nikmatNya dan solawat semoga tetap berlimpah atas junjungan kita
Nabi Muhammad SAW yang telah di utus Allah SWT sebagai rahmat bagi
seluruh umat manusia .
Alhamdulillah penulis
dapat menyelesaIkan makalah ini dengan tema “Efek Samping Facebook” untuk
memenuhi tugas ILMU SOSIAL DASAR yang masih banyak kesalahan dan
kekurangan dalam makalah ini. Dalam penyusunan makalah ini penulis memperoleh
bimbingan dan dukungan dari berbagai pihak sehingga pada kesempatan ini penulis
ingin Berterima kasih kepada Tim Dosen ISD. Mengingat kemampuan penulis
yang sangat terbatas maka penulis menyadari dalam penyusunan makalah ini banyak
terdapat kekurangan. Oleh karena itu penulis mengharapkan saran dan kritik yang
sifatnya membangun guna kesempurnaan makalah ini di masa yang akan datang dan
bermanfaat buat kita semua.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Tujuan Penulisan
BAB II
ISI
2.1 Sejarah
2.2 Facebook
2.3 Efek Positive Dari Facebook
2.4 Efek Negative Dari Facebook
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Facebook adalah sebuah layanan
jejaring sosial dan
situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan
oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari
900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat
menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan
otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
1.2 Identifikasi Masalah
Didalam penulisan makalah ini, penulis akan
mencoba untuk menanggapi masalah-masalah yang timbul di facebook.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan umum :
-
Mengidentifikasi
masalah yang timbul di facebook
-
Menyelesaikan
masalah-masalah yang ada
-
Mempelajari
dan memahai dari suatu masalah yang di hadapi
BAB II
ISI
2.1 Sejarah
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash,
pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa
tahun kedua.
Menurut The
Harvard Crimson,
situs ini mirip dengan Hot
or Not,
dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di
sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta
pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Untuk
menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan
komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard
pada waktu itu tidak memiliki "buku
wajah"
(direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450
pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.
Situs
ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan
beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena
menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan
terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut dibatalkan. Zuckerberg memperluas
proyek awalnya ini pada semester tersebut dengan membuat peralatan studi sosial
untuk menghadapi ujian final sejarah
seni,
dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan
satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs tersebut
kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.
Pada
semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada
Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The
Harvard Crimson
tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan
"The Facebook" yang awalnya berada di situs web TheFacebook.com.
Enam
hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan
mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan
ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini
memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum
terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan
awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari
setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini.[21] Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan
Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004,
Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas
Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan
beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook
diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan
pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran
kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook
memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini menerima
investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama
ranah
facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.
2.2 Facebook
Facebook adalah sebuah layanan
jejaring sosial dan
situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan
oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook memiliki lebih dari
900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat
menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan
otomatis ketika mereka memperbarui profilnya.
2.3 Efek Positive Dari Facebook
Dampak positif Siswa menggunakan facebook : 1. Facebook dapat menambah wawasan siswa tentang berita atau kabar yang sedang banyak dibicarakan.
2. Facebook membuat siswa lebih tanggap dan komunikatif pada sekitarnya, maksudnya siswa dapat bertukar pikiran dan belajar dari perkataan orang. Sehingga ia akan lebih tanggap terhadap perasaan temannya dan lebih mudah berbicara pada orang didekatnya.
3. Selain mendapat teman baru, siswa juga dapat mencari sahabat di dunia maya dan mendapatkan pasangan yang diinginkan.
4. Siswa dapat menuliskan permasalahan yang dihadapi, yang kemudian dibaca oleh teman-temannya, sehingga dapat memunculkan ide-ide cemerlang dan dapat mengembangkannya.
5. Pikiran siswa akan lebih terbuka dengan mendapatkan teman yang berbeda-beda di facebook.
6. Mempererat silaturahmi, siswa bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah dia kenal di masa lalu.
7. Mengetahui potensi diri, dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa siswa sebenarnya. Namun, siswa juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan.
8. Media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.
9. Sarana diskusi, di facebook siswa bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.
10. Tempat curhat, ketika siswa sedang mendapatkan masalah, siswa tinggal mengupdate status facebooknya dengan masalah yang sedang kita hadapi, jika ada orang yang peduli, orang tersebut akan memberi komen yang isinya memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah.
2.4 Efek Negative Dari Facebook
Dampak negatif Siswa menggunakan Facebook : 1. Membuat siswa menjadi malas belajar, tidak mengerjakan tugas, karena selalu ingin tahu status teman-temannya.
2. Lebih banyak waktu yang terbuang sia – sia untuk hal yang kurang bermanfaat contoh chatting.
3. Boros. Artinya, siswa dapat menghabiskan uangnya untuk online berjam – jam.
4. Menjadi ketergantungan dengan facebook.
5. Kualitas pertemuan face to face dengan sesama anggota keluarga semakin berkurang, sehingga menimbulkan perasaan terabaikan.
6. Memicu terjadinya pergaulan bebas tanpa batas, karena namanya dunia maya, dunia tanpa batas, sehingga siswa bisa menjelma menjadi siapa saja dan berbuat apa saja, baik atau buruk.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Facebook adalah
sebuah jejaring sosial yang dapat menambah wawasan, dan dapat menambah teman
baru yang mungkin tidak anda kenal sebelumnya.
B. Saran
1. Dalam menggunakan facebook, siswa harus dapat membatasi waktu, agar
aktivitas lainnya tidak terganggu terutama belajar.2. Dengan facebook diharapkan siswa dapat menggunakannya untuk menyalurkan kreativitas dan bakat, misalnya : menulis puisi, membuat cerita humor lucu dan membuat artikel maupun bertukar informasi mengenai pelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
http://yohana10.wordpress.com/2010/02/25/dampak-facebook-bagi-siswa/
id.wikipedia.org/wiki/Facebook
id.wikipedia.org/wiki/Facebook
Tidak ada komentar:
Posting Komentar